Friday 6 December 2013

Pengguna Internet di Indonesia


Angka penetrasi pengguna Internet di Indonesia semakin meningkat. Menurut riset tahunan Indonesia Internet Survey 2013 yang dilakukan oleh Marketeers bersama MarkPlus Insight pertengahan 2013 ini, pengguna internet sudah mencapai 74 juta orang atau 28% populasi Indonesia. Menurut estimasi, diperkirakan tahun 2015, pengguna Internet di Indonesia bakal melewati 100 juta orang.


Dari 74 juta pengguna Internet di Indonesia, 31,7 juta orang merupakan apa yang kami sebut sebagai Netizen asli, artinya mereka yang menghabiskan hidupnya di dunia maya selama lebih dari tiga jam setiap hari.

Pergerakan tren internetisasi ini akan sulit terbendung, apalagi mengingat semakin canggih teknologi yang ada dan semakin gencar pemasaran smartphone, tablet, dan perangkat mobile lainnya. Sesuai dengan hipotesa MarkPlus mengenai Anatomy of New Wave, pada akhirnya Internet akan menghampiri mayoritas penduduk Indonesia. Apa yang selama ini kita kenal sebagai citizen akan menjadi netizen. 

Tren “Internet untuk semua” ini semakin terasa saat ini. Dalam riset Netizen ini terkuak bahwa Internet di Indonesia sudah mulai dinikmati oleh kalangan tua dan muda, berduit dan berkecukupan. Hampir separuh dari netizen di Indonesia merupakan pengguna internet muda berusia di bawah 30 tahun, sedangkan 16% adalah para netizen berusia di atas 45 tahun. Bahkan, hampir 95% dari Netizen tersebut adalah pengguna internet melalui perangkat mobile (smartphone).

Di dalam riset ini ditemukan bahwa 92% Netizen di Indonesia sangat mengikuti tren teknologi ketimbang dianggap gagap teknologi alias gaptek. Namun, di sini lain juga ditemukan bahwa 83% Netizen ternyata adalah netizen pengguna internet yang pasif.

Artinya, saat ini mereka menggunakan Internet cenderung untuk chatting, mengintip status orang, atau browsing informasi. Netizen yang aktif dalam memberikan kontribusi untuk dunia Internet melalui penciptaan konten hanya 17%.

Jadi apa artinya? Rata-rata Netizen di Indonesia adalah orang yang ikut-ikutan atau follower. Di dunia maya, mereka sangat mudah dipengaruhi oleh Netizen lain, terutama oleh 17% netizen yang aktif. Persepsi dan opini mereka terbentuk dari apa yang ditulis atau di-share oleh netizen yang aktif.

Bagi para marketer, mana yang bakal Anda pegang untuk organizing the heart? Netizen Aktif atau Netizen Pasif?  

0 comments: